SMA NEGERI 1 SURAKARTA

...The Spirit Of School

SMA NEGERI 1 SURAKARTA, SEKOLAH YANG BUKA SEHARI PENUH

E-mail Print PDF

Judul di atas bukan bermaksud mengabarkan bahwa SMA Negeri 1 Surakarta adalah sekolah yang masuk pagi pulang malam. Judul tersebut sebenarnya mencoba menggambarkan sekolah SMA Negeri  1 Surakarta yang tidak pernah berhenti dari aktivitas.

Tidak pernah berhenti dari aktivitas? Bukankah setiap harinya sekolah tetap dipulangkan setengah dua siang (tepatnya 13.40 WIB)? Bukankah ekstrakulikuler juga dijadwalkan pada hari Jumat dan Sabtu sepulang sekolah?

Yah, begitulah SMA Negeri 1 Surakarta. Cobalah datang sore hari ke sekolah di hari apapun. Anda akan menemukan siswa-siswi SMA Negeri 1 Surakarta masih beraktivitas di sana, baik dengan masih memakai seragam maupun sudah berpakaian bebas. 

Pintu utama memang sudah ditutup pukul 17.00 WIB, tetapi pintu halaman sering sekali masih terbuka sampai 19.00 WIB. Bukannya Pak Kuswanto, Pak Sudarsono, dan Pak Soleh—bapak-bapak satpam—melalaikan tugasnya untuk menutup pintu pukul 17.00 WIB tepat, tetapi karena di dalam sekolah masih ada aktivitas siswa. Bapak-bapak satpam ini selalu siap di tempatnya. Mungkin mereka tidak hafal satu per satu nama siswa Smansa, tapi mereka tahu yang mana anak Smansa yang mana yang bukan.

Bagi mereka yang berada dalam sekolah wajib memakai seragam. Aktivitas mereka pun adalah aktivitas yang berizin. Maksudnya sebelumnya sudah mendapatkan izin dari sekolah.

 

 

Gambar: Belajar di Taman

 

Mereka yang  di halaman depan biasanya bermain basket, wall climbing, belajar, dan sepakbola dengan bola plastik. Ada pula yang hanya nongkrong bersama teman-teman melepaskan diri dari penatnya rutinitas sekolah.  Anda juga akan menemukan anak-anak yang menunggu temannya yang lain untuk berangkat bersama ke tempat les atau bimbingan belajar.

Rutinitas sore itu ternyata banyak manfaatnya bagi mereka. Mereka bisa berbagi tentang pelajaran hari ini, berbagi tentang tugas besok, dan apapun baik yang berhubungan dengan sekolah maupun di luar sekolah.

 

 

 

Kepala SMAN 1 Surakarta

  Kepala SMAN 1 Surakarta
Kepala SMAN 1 Surakarta
Dra. Harminingsih, M.Pd 


SOCIAL MEDIA

 
 
Icon: http://icontexto.deviantart.com

CALENDER EVENT


PRADANA
25 - 27 JULI 2017 

SEKOLAH RUJUKAN

PROGRAM SEKOLAH RUJUKAN :

1. PENINGKATAN MUTU
2. PENGEMBANGAN BUDI
    PEKERTI
3. PENGEMBANGAN
    KEWIRAUSAHAAN
4. GERAKAN LITERASI
    SEKOLAH
5. AKSI SEKOLAH AMAN
6. AKSI ADIWIYATA
7. PENINGKATAN PRESTASI
    AKADEMIK 

SEKOLAH ADIWIYATA

Tutorial Blog & Elearning

CLOCK

Smile, Greet, Behave

CHATTING YM ADMIN 1

CHATTING YM ADMIN 2

CHATTING YM ADMIN 3


Berita Terbaru

Artikel Terbaru

Polling

Statistik

Selamat Malam ....
Terakhir Akses
: 21:47
Konten Terbaca
: 424254
Guest Online
: 43